Daftar Blog Saya

Jumat, 31 Januari 2014

Nasihat Untuk Penulis Serabutan Seperti Aku

Akhir-akhir ini aku hanya menulis.
ya menulis tidak tahu arah, dan tidak tahu sebenarnya karakter kepenulisanku apa.
aku menulis ya hanya menulis.
mengalir begituu saja, tidak tahu arahnya apa, nilai apa yang ingin aku tuliskan yang ingin aku doktrinkan, agar paham baikku tetap hidup, meskipun ragaku telah mati.

ya tulisan adalah warisanku.
menulis untuk keabadian.

wahai temanku yang baik.
sebenarnya kamu adalah penulis yang pintar lagi hebat.
hanya saja kau belum menganggap menulis sebagai kebiasaan yang baik dan rutin, andaikan saja kamu bisa menulis setiap hari, kau akan jadi manusia yang menyenangkan karena kamu bisa merangkai kata dengan begitu indah dan bisa berkomunikasi dengan baik.
ayo mulai rutinkan karyamu.
memulai itu memuliakan,
mulai mulia.
beda sedikitkan.

aku ingin sekali tidak tidur setelah subuh, dan aku ingin terus menulis setiap hari selalu menulis minimal 30 menit aku sisakan waktuku untuk menulis.

"maka ini adalah solusi dua pulau sekaligus.
kau bisa tidak tidur setelah subuh dan kamu bisa menghasilkan karya"

aku ingin menulis tapi aku bingun aku ingin menulis apa ?
kau harus membagi tiga karya tulisanmu.
pertama adalah karya proyekan, yaitu karya yang memang ingin kamu jual dan mungkin saja ini bisa jadi sanggahan ekonomi kalian.

kedua adalah karya harian, jika inspirasi proyekan sedang tidak ada maka karya harian, adalah menceritakan kejadian hari ini, atau bisa disebut dengan diari, dengan harapan catatan kedua ini bisa menginspirasi proyekan.

cukup dua itu saja agar kita bisa fokus menulis dan bisa menghasilkan apa yang kita inginkan.

Bagaimana cara membangun proyekan ?
kalau kita ingin membuat proyekan hal yang mesti kita perhatikan adalah.
1. kekonsistenan
pokoknya saya ga mau tahu, setiap hari harus ada progress dari buku ini, buatlah jadwal harian kalian dan sisipkanlah disitu waktu kapan kalian meluangkan waktu untuk menulis.

2. cerita garis besar
 bisa saja anda terlebih dahulu membuat sinopsis cerita ini terlebih dahulu lalu baru anda menulis, tapi bagi sebagian golongan mereka hanya bertualangan di otak mereka sehingga sinopsis baru bisa ceritakan terakhir

3. Data yang valid
membuat buku agar bisa menarik maka anda sebaiknya menyisipkan pengetahuan yang anda tahu namun tak banyak orang tahu dengan cara yang menarik.
misalkan anda seorang dokter, maka sisipkanlah pengetahuan anda tentang hal medis yang sebaiknya diketahui banyak orang atau menjelaskan bagaimana cara pertolongan pertama dengan kemasan yang menarik dan tidak kaku.


 Aku ingin menulis tapi mentok di tengah jalan.

ada beberapa cara untuk mengatasi 'stak' ketika menulis, tapi setiap orang memiliki caranya masing-masing.
tapi cobalah.
1. memundurkan alur cerita.
memundurkan alur cerita bisa membuat cerita jadi lebih panjang, bisa saja anda membaca bab yang sebelumnya kurang lengkap, maka anda bisa menceritakannya kembali dan ternyata cerita alur mundur itu akan memengaruhi alur cerita selanjutnya.
2. membaca buku lain
coba cari inspirasi dan baca buku lain mencoba mencari pengetahuan dan melihat alur buku lain seperti apa,mungkin anda bisa mengambil refresnsi atau membantah refrensi dengan karangan anda sendiri yang bisa dipertanggung jawabkan.

3, memutus ke episode selanjutnya

jika memang yang anda tulis sudah jauh dan sudah banyak dan pantas untuk di terbitkan, maka akhiri lah dengan akhir yang gantung, lalu buatlah sequen yang lain dengan menceritakan tokoh lain lalu anda masukan tokoh buku sebelumnya dengan cerita lanjutannya.

sebenarnya yang saya katakan ya keluar begitu saja tidak berasal dari liteartur mana, saya akan bertanggung jawab dengan yang saya tulis, saya harap anda bisa diskusi dengan saya bagaimana seharusnya.
saya Holy Cratoz,
selamat malaam
wassalamualaikum wrwb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar